Teknologi Perangkat Keras
Komputer
4.1 Pendahuluan
Komputer
adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
keras
(hardware) dan perangkat lunak (software) yang memiliki
kemampuan
atau digunakan untuk membantu tugas manusia dengan
cara
menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi
informasi
berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
hasilnya
ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
4.1.1 Perangkat Masukan
Perangkat
masukan (input devices) digunakan untuk pemasukan data
yang
akan diproses. Beberapa Perangkat masukan yang umum
digunakan
pada suatu komputer adalah keyboard, mouse, joystick,
touch
screen, voice recognition, dan lain-lain.
Gambar
4.1 Perangkat masukan
66 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
4.1.2 Perangkat Pemroses
Perangkat
pemroses (processing devices) digunakan untuk memproses
data
yang telah dimasukkan melalu perangkat masukan. Perangkat ini
juga
digunakan untuk menerima masukan serta meneruskan hasil
pemrosesan
data tersebut ke perangkat keluaran. Pada dasarnya,
bagian
inilah yang disebut sebagai "otak"
komputer. Perangkat ini
dikerjakan
oleh perangkat yang disebut sebagai "microprocessor
atau
sering
disebut processor". Pasar komputer saat ini masih didominasi
oleh
prosesor yang dikeluarkan oleh Intel Corp. Saat ini, prosesor yang
kebanyakan
beredar di pasaran adalah Pentium IV.
Intel
PentiumD (exterior)
AMD
Athlon X2
Gambar
4.2 Prosesor
4.1.3. Perangkat Keluaran
Perangkat
keluaran (output devices) digunakan untuk menampilkan
hasil
pemrosesan yang dikerjakan oleh processor. Hasil tersebut bisa
ditampilkan
dalam bentuk tercetak (hard copy). Beberapa Perangkat
yang
masuk dalam kategori ini adalah monitor, printer, plotter, dan
lain-lain.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 67
Gambar
4.3 Perangkat keluaran
Perkembangan
teknologi perangkat keras ini berlangsung dengan
sangat
cepat, meskipun demikian konsep dari komponen perangkat
keras
di atas akan tetap sama.
Beberapa
perangkat keras tambahan bisa disebutkan disini
antara
lain media penyimpan (storage) untuk menyimpan data yang
akan
diproses oleh processor.
Gambar
4.4 Perangkat penyimpanan
4.2 Perangkat Masukan
Input
data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan
diproses
oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar
monitor
atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input
untuk
sistem yang lain.
68 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
4.2.1 Mouse
Mouse
adalah pointing device yang paling banyak digunakan. Mouse
memiliki
bola yang berputar pada landasannya. Jika permukaan
digeser,
maka bola akan berputar dan mengirimkan sinyal ke
komputer
untuk merubah posisi dari kursor.
Secara
fisik, mouse juga terbagi atas 4, yaitu :
Mouse Serial.
Mouse PS/2.
Mouse Wireless.
Mouse USB.
Gambar
4.5 Mouse
4.2.2 Space Mouse
Space
mouse berbeda dari mouse normal karena mempunyai poros X,
poros
Y dan poros Z. Space mouse dapat digunakan untuk
pengembangan
dan memindahkan lingkungan 3-D.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer
69
Gambar
4.6 Space mouse
4.2.3 Keyboard
Keyboard
adalah alat masukan yang pertama dikembangkan
untuk
PC. Layout keyboard standar menyediakan 104 kunci diatur
dalam
empat kelompok, yaitu:
Kunci alphanumerik (A-Z, 0-9).
Kunci lokasi (home, end dan lain-lain).
Keypad numerik.
Fungsi kunci (F1-F12).
Secara
fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu :
Keyboard Serial.
Keyboard PS/2.
Keyboard Wireless.
Keyboard USB.
Keyboard
berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi,
yaitu:
70 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
CTRL Digunakan untuk
mengerakkan kode
control
dan kombinasinya dengan key
yang
lain.
ALT Digunakan untuk
mengenerate fungsi Alt
dan
kombinasinya dengan key yang lain.
SHIFT Mengubah karakter huruf
kecil ke besar
dan
sebaliknya, atau karakter yang
terletak
di atas tanda yang terlihal pada
papan
keyboard.
NUMLOCK Enable
atau disable
penggunaan tombol
numeric
keypad
NUMERIC KEY PAD Memungkinkan
memasukkan data
numerik,
atau jika tombol NUMLOCK off
berfungsi
sebagai tombol pengarah.
FUNCTION KEYS F1 sampai
F12 adalah tombol fungsi yang
menyediakan
akses ke suatu shortcut
tertentu
misal F1 untuk HELP, F5 untuk
REFRESH.
TAB Digunakan untuk
memindah kursor ke
kanan.
Pada saat entri data, tombol Tab
dapat
digunakan untuk memintah dari
satu
kota memasukkan data ke kotak
berikutnya.
ENTER Pada saat menggunakan
text editor, dapat
mengerakkan
baris baru. Atau digunakan
untuk
mengirim data ke komputer pada
saat
mode memasukkan data.
CURSOR ARROW
KEYS
Memungkinkan
perpindahan kursor.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 71
Gambar
4.7 Keyboard ergonomis
Gambar
4.8 Standar keyboard QUERTY
Gambar
4.9 Dua bentuk umum konektor keyboard yaitu PS/2 dan DIN
Terdiri
dari layout QWERTY standar dengan keypad numeric dan
fungsi
penambahan function keys untuk control purposes.
72 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
4.2.4 Bar Code
Bar
code adalah suatu peralatan input yang dirancang untuk tujuan
yang
spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang
dibentuk
oleh serangkaian bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki
panjang
dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh
light-pen
atau peralatan scanner.
Contoh
: Aplikasi Bar-Code.
Super-market.
Stock inventory.
Sistem perpustakaan untuk katalog buku.
Penjelasan
detail tentang Bar-Code
Tiap digit dibuat dari dua garis hitam dan
putih yang
berurutan.
Tiap digit karakter dapat dipecah ke dalam
tujuh elemen.
Digit dikodekan secara berbeda tergantung right half atau left
half dari simbol bar code.
Semua digit pada left half memiliki
jumlah garis hitam ganjil
dan
dimulai dengan garis putih.
Semua digit pada right half memiliki
jumlah garis hitam genap
dan
dimulai dengan karakter hitam.
Memungkinkan scanning pada segala arah.
Dua kode simbol (right half dan left half) dipisahkan oleh dua
garis
hitam.
Dua garis hitam tersebut digunakan untuk
menandai
permulaan
dan akhir dari simbol bar code.
Universal Product Code (UPC) berisi kode manufacturer dan
kode
produk.
Kinerja
dari Bar Code
Tingkat kesalahan relatif rendah.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 73
Bar codes dapat discan dengan cepat dan
mudah.
Cacat garis pada bar code dapat menyebabkan
suatu
kesalahan.
Gambar
4.10a. Pembaca Bar Code
infra
red
Gambar
4.10b. Bar Code
Bar
code adalah suatu pola yang mencetak perbedaan ketebalan garis.
Sistem
memberikan informasi ke dalam komputer dengan cepat dan
bebas
dari kesalahan (error-free).
4.2.5 Digitising Tablet
Digitising
Tablet adalah suatu alat penunjuk yang memudahkan
untuk
memasukkan pekerjaan gambar dan perancangan yang akurat.
Gambar
4.11 Digitising tablet dengan pena
74 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Gambar
dapat ditempatkan secara langsung di atas tablet, dan
pemakai
mentraces outline atau memasukkan koordinat posisi dengan
hand-held
stylus.
4.2.6 Joystick
Pengguna
game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan
memudahkan
mereka melakukan manuver-manuver yang sulit
dilakukan
oleh penggunaan keyboard dan mouse.
Gambar
4.12 Joystick
Jenis
joystick yang digunakan pada komputer juga amat banyak,
termasuk
dengan jenis khusus yang digunakan untuk permainan
balap
mobil atau motor yang dilengkapi dengan roda kemudi dan
pedal.
4.2.7 Touch Screen
Touch
Screen atau layar sentuh memungkinkan Anda untuk
menyentuhkan
jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label.
Tempat
yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau
perintah
akan di eksekusi. Touch screen digunakan secara luas pada
kios
informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport,
dan
departement store. Touch screen memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi
dengan peralatan yang sangat kecil seperti jam casio
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 75
dengan
fasilitas layar sentuh dan dengan komputer seorang pengguna
bisa
berinteraksi dengan hanya menyentuh layar monitor.
Gambar
4.13 Monitor touch sensitive
Ada
tiga bentuk touch screen: pressure-sensitive, capacitive surface dan
light beam.
4.2.8 Light Pen
Light
Pen adalah pointing device seperti pena dan dihubungkan ke
VDU.
Ujung light pen berisi unsur cahaya yang peka (lightsensitive),
ketika
ditempatkan terhadap layar, mendeteksi cahaya
dari
layar yang memungkinkan komputer untuk mengidentifikasi
penempatan
pena tersebut pada layar.
76 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Gambar
4.14 Light pen
Keuntungan
dari Light pen yaitu dapat 'menggambar' secara
langsung
pada layar, tetapi ini bisa menjadi tidak menyenangkan,
dan
tidak seakurat seperti digitising tablets.
4.2.9 Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
Suatu
komputer dapat membaca angka-angka dan huruf cetak
dengan
tinta yang berisi bahan magnetis.
Gambar
4.15 Detail Cek dari nomor MICR
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 77
MICR
digunakan oleh bank untuk memproses cek. Detil Rekening
pada
dasarnya cek dapat diteliti dan dibaca dengan cara ini, apabila
MICR
itu sendiri terhindar dari kotoran.
4.2.10 Optical Mark Reader (OMR)
Optical
Mark Reader (OMR) dapat membaca informasi dalam
bentuk
angka-angka atau huruf dan memasukkannya ke dalam
komputer.
Tanda
harus dengan tepat ditempatkan seperti kertas test
pilihan
berganda.
Gambar
4.16 Contoh kertas jawaban pilihan berganda
4.2.11 Scanner
Scanner
mengijinkan informasi seperti foto atau teks untuk
dimasukkan
ke dalam komputer. Scanner pada umumnya berukuran
A4 (flatbed), seperti
ditunjukkan di bawah, atau hand-held
untuk menscan
area
yang jauh lebih kecil.
Gambar
4.17 Scanner
78 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Jika
teks di-scan, Anda akan menggunakan program Optical Character
Recognition
(OCR) untuk mengenali teks yang dicetak dan kemudian
mengkonversinya
ke file teks digital yang dapat diakses dengan
menggunakan
komputer. Secara umum, scanner terbagi atas 2, yaitu
flatbed scanner dan handled scanner.
4.2.12 Hand Scanner
Hand
scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan.
Hanya
dengan menyentuhkan pada image yang akan discan.
Meskipun
resolusinya tidak setinggi scanner yang lain, peralatan ini
dapat
digunakan di manapun, dan kapan saja.
Gambar
4.18 Hand scanners
Misal
untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek
gambar
seperti peta.
4.2.13 Magnetic Reader
Alat
masukan ini membaca potongan magnetis pada kartu. Handy
untuk
pertimbangan keamanan, yang menyediakan identifikasi
secara
cepat pemilik kartu.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 79
Gambar
4.19 Kartu Kredit
Metoda
ini digunakan untuk menjalankan poin-poin tunai bank atau
untuk
menyediakan identifikasi orang-orang yang memasuki suatu
bangunan.
4.2.14 Smart Card
Alat
masukan ini menyimpan data di dalam suatu mikroprosesor
yang
ditempelkan pada kartu. Ini mengijinkan informasi, dapat
dibaharui,
untuk disimpan pada kartu.
Gambar
4.20 Chip Microprocessor Smart Card
80 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Gambar
4.21 Pembaca Smart Card
Metoda
ini digunakan pada kartu toko untuk mengumpulkan poinpoin
untuk
pembeli, dan untuk menyimpan nomor telepon untuk
telepon
selular.
4.2.15 Biometric
Autentikasi
identitas seseorang dengan dengan pembuktian
karakteristik
pribadi.
Sebagai
contoh: Fingerprint scanner menangkap kurva dan
lekukan
sidik jari.
Gambar
4.22 Fingerprint scanner
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 81
4.2.16 Voice Data Entry
Sistem
ini menerima kata yang diucapkaan sebagai data masukan atau
perintah.
Contohnya
adalah pidato/ bicara seseorang yang sangat
kompleks,
yang menyertakan penekanan dan ekspresi wajah.
Gambar
4.23 Microphone yang digunakan untuk masukan data
Bagaimanapun
juga, perintah yang sederhana dari satu pengguna
dapat
digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin.
Dengan
cara ini seseorang dapat mengoperasikan suatu kursi
roda
atau mengendalikan pemanas dan lampu.
4.2.17 Sound Capture
Dengan
penambahan kartu suara (sound
card) pada salah satu dari slot
expansi
dari komputer, Anda dapat " Merekam" suara atau musik.
Gambar
4.24 Sound card
82 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Sound
card mendigitalkan informasi ke dalam format yang dapat
dimengerti
komputer.
4.2.18 Video Capture
Dengan
papan video capture pada salah satu dari slot expansi
komputer
Anda, maka Anda dapat menangkap gambar video
(fotografis)
melalui suatu kamera video.
Papan
video capture Video mendigitalkan image.
Gambar
4.25 Kartu Video Capture
4.2.19 Kamera Digital
Kamera
Digital adalah kamera yang mengkonversi foto yang
ditangkap
secara langsung ke dalam digital image dan
menyimpannya
secara lokal dalam kamera untuk kemudian dapat
dimasukkan
ke komputer.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 83
Gambar
4.26 Kamera Digital
Image
yang didownload dari kamera digital dan ditransfer ke
komputer
berbentuk file digital, dan dapat dikirim melalui e-mail atau
fax.
Jumlah gambar yang dapat disimpan tergantung pada memori
yang
tersedia dan ukuran dari image.
4.2.20 Video Camera
Digital
video camera belum digunakan secara luas dikarenakan file
video
umumnya berukuran sangat besar dan hanya beberapa menit
gambar
video yang bisa disimpan. Peralatan ini dinamakan frame
grabber karena
dapat menangkap image dari peralatan video seperti
VCR
atau kamera.
Gambar
4.27 PC Video Camera
84 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
4.2.21 Video Conferencing
Dua
atau lebih orang-orang secara terpisah yang menggunakan
jaringan
Internet untuk mengirimkan data audio dan video.
Gambar
4.28 Video Conferencing
4.2.22 Automated Teller Machine (ATM)
Mesin
bank self-service yang menghubungkan ke host komputer
melalui
suatu jaringan.
Gambar
4.29 Automated Teller Machine (ATM)
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 85
4.3 Perangkat Keluaran
Komputer
memberikan informasi pada Anda dalam berbagai bentuk.
Perangkat
keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk melihat
atau
memperoleh hasil pengolahan data/ perintah yang telah
dilakukan
oleh komputer.
4.3.1 Monitor Atau VDU
Visual
Display Units (VDU) atau monitor digunakan untuk
antarmuka
secara visual dengan komputer dan tampilannya
seperti
sebuah televisi.
Monitor
adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk
menampilkan
informasi balik ke pengguna/user, dalam bentuk teks
maupun
grafik. Monitor mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15",
17"
dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inci), maka semakin
mahal,
dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada
monitor.
Monitor
memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang
berbeda
yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam
koordinat
X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh
rate, yang
menunjukkan
berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan
pada
screen (60Hz berarti 60 kali per detik).
Monitor
dengan resolusi screen yang lebih tinggi misalnya
1024x768
membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar yaitu 21"
(jika
tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika
ditampilkan
dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan
refresh rate yang lebih
tinggi misalnya 72Hz, untuk mencegah tampilan
gambar
pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering).
Secara umum,
monitor
terbagi atas :
4.3.1.1 Monitor CRT (Cathode
Rays Tube)
Merupakan
monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar
katoda.
Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi namun secara
umum
hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan
power supply. Jenis
monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara
86 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
lain
adalah: Membutuhkan daya yang besar, menghasilkan panas
yang
cukup tinggi, memiliki bentuk fisik yang besar (walaupun ada
juga
yang memiliki dimensi yang kecil namun tetap tidak praktis
karena
gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi yang
besar
(walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung
tertentu
yang mampu menyerap radiasi yang dihasilkan oleh
tembakan
CRT). Namun, secara umum monitor ini memiliki harga
yang
cukup rendah sehingga tetap merupakan peratalan standar
dalam
unit komputer.
Gambar
4.30 Monitor CRT
4.3.1.2 Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Sistem
kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCD
menggunakan
cairan kristal khusus yang berpencar apabila dilalui
oleh
sinyal listrik sehingga menghasilkan bentuk dan warna.
Kelemahan
LCD adalah harganya yang cukup mahal dan komponen
fisik
yang ada amat rentan terhadap gangguan, namun LCD juga
memiliki
beberapa kelebihan diantaranya adalah: hanya memerlukan
daya
yang rendah (tegangan yang digunakan hanya 12 Volt), bentuk
fisik
yang kecil dan ramping sehingga mudah ditempatkan serta tidak
menghasilkan
radiasi.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 87
Gambar
4.31 Monitor LCD
4.3.2 Printer
Anda
dapat mencetak informasi yang ada di dalam komputer ke
kertas.
Hasil cetakan yang Anda buat dikenal sebagai hard
copy.
Ada
beberapa variasi printer yang berbeda baik kecepatan
maupun
kwalitas cetakan. Ada dua jenis printer, yaitu: impact dan
non-impact.
4.3.2.1 Printer Impact
Printer
Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum
metal
(metal pins) yang mengenai pita inked yang ditempatkan antara
print
head dan kertas.
Gambar
4.32 Printer Impact
88 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Beberapa
print head hanya mempunyai 9 pin untuk membuat titik
(dots) untuk membangun suatu
karakter, ada juga yang mempunyai 24
pin
yang menghasilkan resolusi yang lebih baik. Salah satu contoh
printer
yang menggunakan 9 pin adalah Epson LX-300 dan 800,
sedangkan
yang menggunakan 24 pin adalah LQ (Letter
Quality) 1170
dan
2180.
4.3.2.1.1 Printer Dot Matrix
Kecepatannya
pada umumnya 30 - 550 karakter per detik (cps). Ini
adalah
yang termurah dan paling ribut dari keluarga printer. Standar
cetakan
yang diperoleh kurang bagus. Jenis ini disebut dengan “Dot
Matrix” karena hasil cetakan
dibentuk oleh hentakan jarum pada pita
yang
membentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan. Oleh
sebab
itu, maka suara yang dihasilkan oleh printer jenis ini jauh lebih
besar
dan kasar dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Kehalusan
hasil
cetakan ditentukan oleh banyaknya jarum yang digunakan
Gambar
4.33 Printer Dot Matrix
Gambar
4.34 Cara Kerja Dot Matriks
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 89
4.3.2.2 Printer Non-Impact
Beberapa
perbedaan teknologi yang telah digunakan untuk
menyediakan
berbagai printer.
Ada
beberapa jenis printer non-impact, yaitu:
Printer Thermal.
Printer Ink Jet.
Printer Laser Jet.
4.3.2.2.1 Printer Thermal
Karakter
dibentuk oleh unsur-unsur yang dipanaskan yang
ditempatkan
dengan kertas yang sensitif dengan panas khusus yang
membentuk
titik hitam ketika unsur-unsur menjangkau temperatur
kritis.
Gambar
4.35 Printer Thermal
Printer
thermal berkenaan dengan panas secara meluas dan
menggunakan
tenaga baterai seperti kalkulator.
4.3.2.2.2 Printer Ink Jet
Sesuai
dengan namanya, printer jenis ini mencetak dengan
menggunakan
semburan tinta cair pada permukaan kertas, sehingga
hasil
cetakannya jauh lebih bagus, lebih cepat dibandingkan dengan
dot
matrix. Printer ini juga mampu mencetak warna dengan
sempurna,
bahkan beberapa jenis printer bahkan mampu mencetak
90 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
dengan
kwalitas foto dan mampu mencetak pada permukaan selain
kertas
(plastik dan kain). Printer inkjet yang terkenal saat ini adalah
Canon BubleJet dan HewlletPackard.
Gambar
4.36 Printer Inkjet
Gambar
4.37 Ink-jet Printer Cartridges
Gambar
4.38 Cara Kerja Ink Jet
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 91
4.3.2.2.3 Printer Laser Jet
Printer
jenis ini memiliki kecepatan dan kwalitas cetakan yang jauh
melampaui
Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja printer ini amat mirip
dengan
mesin photocopy, yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen
pemanas.
Secara umum, printer ini hanya mampu mencetak dengan
dua
warna (hitam dan putih), namun pada jenis tertentu telah
dilengkapi
dengan tinta warna sehingga mampu mencetak dengan full
color.
Gambar
4.39 Laserjet Printer
Gambar
4.40 Toner Printer Laser
92 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
Gambar
4.41 Enam langkah cara kerja laser
4.3.3 Robot
Robot
bisa melaksanakan berbagai tugas sebagai hasil instruksi dari
eksekusi
yang dimasukkan di dalam suatu program. Dan ini sering
kita
lihat pada film-film barat yang telah menggunakan teknologi
tinggi
dan robot ini biasanya ditugaskan untuk tugas-tugas khusus
sebagai
pengganti manusia.
Gambar
4.42 Robot pembuat mobil
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 93
Robot
dalam pengertian bisnis berarti mesin otomatis yang dirancang
untuk
melaksanakan operasi keduniaan yang memerlukan ketelitian,
seperti
mengumpulkan dan membuat mobil. Mereka jarang dibuat
yang
menyerupai bentuk manusia.
4.3.4 Machine Tool
Peralatan
Computer Aided Manufacturing (CAM) digunakan untuk
pembuatan
berbagai produk. Fungsi yang berulang dan dikendalikan
oleh
sekumpulan instruksi komputer.
Alat-Alat
mesin otomatis yang ada di pabrik akan memberikan
keuntungan
dibanding manusia seperti : ketelitian yang tinggi, dan
mereka
tidak memerlukan istirahat seperti minum kopi!
4.3.5 Voice
Voice
synthesis mempunyai bunyi yang serasi dalam kaitannya
dengan
berbagai kesulitan replikasi pidato/ percakapan manusia yang
kompleksitas
dan pengucapan kata-kata.
Voice
Answer Back (VAB) digunakan untuk merespon terhadap
permintaan
telepon seperti mengucapkan jam.
Gambar
4.43 Mainan pengeja
Aplikasi
dibidang pendidikan meliputi "Berbicara dan Mengeja" dan
melatih
berhitung.
94 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
4.3.6 Plotter
Plotter
secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang
membedakan
secara umum adalah ukurannya. Plotter mampu
mencetak
pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan
untuk
mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Gambar
4.44 Plotter
Plotter
juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang
dimulai
hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga
saat
ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laser
jet).
4.3.7 Speaker
Fungsi
speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada
perangkat
audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
hanyalah
pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat se-efisien
mungkin
agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada
pengguna
tertentu terkadang menghubungkan output
sound mereka
pada
perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan
yang
lebih.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 95
Gambar
4.45 Speaker
4.3.8 Data Projector
Alat
yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan
ke
layar yang lebih besar.
Gambar
4.46 Data Projector
Masih
banyak lagi output Device yang sering digunakan pada
komputer,
utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer
(misalnya
pengontrol robot, dan lain-lain).
96 Pengenalan Teknologi Komputer dan
Informasi
4.4 Kesimpulan
Komputer
adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
keras
(hardware) dan perangkat lunak (software)
yang memiliki
kemampuan
atau digunakan untuk membantu tugas manusia dengan
cara
menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi
informasi
berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
hasilnya
ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
Salah
satu definisi perangkat keras' menurut Kamus Webster's
adalah
' item-item dari peralatan utama atau komponennya yang
digunakan
untuk tujuan tertentu.
Perangkat
komputer dibagi atas : perangkat masukan (input
devices)
digunakan
untuk pemasukan data yang akan diproses. Beberapa
Perangkat
masukan yang umum digunakan pada suatu komputer
adalah
keyboard, mouse, joystick, touch screen, voice recognition, dan
lain-lain.
Segala
sesuatu yang Anda dapat lihat dan sentuh pada PC Anda
adalah
perangkat keras. Daftar berikut Ini menyajikan suatu dasar
satuan
perangkat keras yang biasanya ditemukan pada PC.
Perangkat
keras tersebut adalah :
Casing PC.
Motherboard.
Power Supply.
Hard Disk Drive (HDD).
Floppy Disk Drive (FDD).
Compact Disk Drive (CDD).
Digital Video Disk drive (DVD).
Monitors (CRT dan LCD).
Keyboard.
Bab 4 Teknologi Perangkat Keras
Komputer 97
Mouse.
Audio.
Dan lain-lain.
Masing-masing
perangkat ini sangat maju dan berkembang dengan
sangat pesat.***
0 komentar:
Posting Komentar